RSS
 

Mengganti Baterai CMOS Laptop

06 Oct

Mengganti baterai CMOS Laptop? Di laptop ada baterai CMOS-nya tidak? Dimana letak baterai CMOS Laptop? Saya sudah bongkar laptop dan mencari baterai CMOS-nya tapi dimana ya letaknya? Di hari yang lalu teman saya bertanya seperti itu karena setiap kali menyalakan laptop muncul peringatan “CMOS Checksum Bad Error“.

Salah satu akibatnya kalau baterainya CMOS sudah habis adalah pengaturan waktu pada komputer akan kembali ke waktu default pabrik ketika laptop tersebut pertama kali dinyalakan. Selain itu setiap pengaturan BIOS yang kita rubah akan kembali pada pengaturan default ketika laptop tersebut dimatikan. So, bagaimana mengganti baterai CMOS laptop?

Laptop teman saya ini Axioo Neon MNC warnanya hitam kurang lebih tampilannya seperti ini :).

Yang diperlukan dalam penggantian Baterai CMOS ini:

  1. Obeng
  2. Baterai CMOS yang baru dan sama tipenya dengan baterai CMOS yang lama. Supaya tidak bingung bawa saja contoh baterai lamanya ke toko komputer / elektro.
  3. Laptop yang akan diganti baterai CMOS-nya :)

 

Pada Axioo Neon MNC ini letaknya baterai CMOS dekat dengan RAM dan terlihat kabelnya tanpa harus membongkar semua body laptopnya. Tapi karena tertempel saya lebih memilih untuk membongkar semuanya :).

Letak baterai CMOS dekat dengan RAM dan biasanya baterai CMOS terbungkus oleh plastik, untuk menggantinya kita tinggal buka saja plastinya dan ganti dengan baterai yang baru.

Letak Baterai CMOS Laptop

Letak Baterai CMOS Laptop

Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru

Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru

Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru

Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru

Usahakan seng yang menempel tidak terpotong ketika dilepas agar mudah ditempelkan kembali pada baterai yang baru. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat :). Bila ada kesalahan dalam artikel ini saya minta maaf dan bila ada yang tidak jelas atau ada yang ditanyakan mohon tinggalkan komentar saja di bawah :).


Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
 
29 Comments

Posted in Hardware

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 

 
  1. Nur Khasanah

    October 5, 2011 at 12:49

    wuidih,,, udah berani bongkar laptop,, hiks,,
    aku kagak berani,, takut rusak,,, susah beli laginya,,, hiks,, :) hahahahaa

     
  2. SunZhang

    January 6, 2012 at 21:13

    Hallo Agan…
    numpang mampir tanya ni agan…
    hm..
    laptop gua hp pavilion dv2, nah batrei cmos nya tuh gmananya gan??
    bisa bantu gak??
    trims…

     
  3. alrawali

    April 2, 2012 at 11:18

    gan, cara nempel kembalinya gimana???
    apa pake solder, lem, ato apa????

    pusing ane

     
  4. Anonymous

    May 27, 2012 at 12:16

    gan,,,sulit ngak sih ganti battre cmos…
    klu bongkar sendiri resiko kerusakan pada leptop ada n gak…

    makasih atas jawabanya…

     
  5. shiningallspark

    June 2, 2012 at 09:16

    OK. tips sudah saya dapatkan,,tinggal eksekusi penggantian battery saja…*meski masih takut bongkat sendiri

     
  6. Luthfi

    June 14, 2012 at 11:43

    Harga battery berapaan? belinya dimana?

     
  7. tony

    August 25, 2012 at 10:12

    boss ada punya driver axioo yg type lama? tahun 2006 ..gw punya hilang… download dimana yah? axioo payah gada driver lama

     
  8. zithir

    October 6, 2012 at 19:31

    tony~ pake driver pack solution ver baru,pasti ok

     
  9. Anonymous

    October 21, 2012 at 05:08

     
  10. AmieN

    October 21, 2012 at 05:11

     
  11. Reunion

    March 8, 2013 at 20:22

    Makasih buat infonya gan. Btw, saya beli batere lithium nya 10 rb, kemahalan… :D

     
  12. ronnie

    March 14, 2013 at 12:09

    apa gak bahaya gan, kalo pake lakban merekatkannya, dak kawatir ada korsleting akibat lem rekatnya?

     
  13. Anonymous

    March 26, 2013 at 23:38

    Great article with pics. Thank you! Now I know how to fix my computer (with the same problem!) with help form Google translate!

     
  14. otonks

    September 23, 2013 at 02:29

    Agan ane mw share, trims atas infonya, stlh ane coba memblower trnyata susah agan, yg ada malah btrai meletus.. hati2 bgi anda yang blm pernah bereksperimen dg mesin pemanas/blower.
    tp setelah berpusing ria akhirnya ane coba alternatif kedua yaitu ane coba ambil rumah baterai dr Mobo rusak, trus kita potong plat dr kabel baterai lama, trus saya solder jgn lupa hati2 antara N/P nya, trus coba ane test pakai avometer,

    TARAAA.. akhirnya btrai ane udah jd dan praktis untuk pergantian berikutnya

     
  15. Yugo

    October 18, 2013 at 08:25

    Wah, makasih banget info nya.
    Kebetulan hari ini tadi aku mau ganti batere CMOS di laptop Axioo Neon.
    Sudah selesai penggantian batere CMOS nya.
    Benar2 memberi pencerahan, postingan ini.
    Sekali lagi makasih ya.

     
  16. dzulntia

    December 31, 2013 at 18:27